Archives

  • Jisiera Volume 4, Agustus, 2019
    Vol. 4 No. 1 (2019)

    Kajian hubungan internasional perspektif Islam menjadi perhatian utama Insiera sejak didirikan pada tahun 2016 yang lalu. Namun, tidak banyak studi yang membahas perkembangan kajian tersebut. Alhamdulillah, Sofi Mubarok dan Rudi Chandra, dua akademisi dari UNIDA Gontor berhasil memetakan secara sederhana perkembangan kajian hubungan internasional perspektif Islam di Indonesia. Tulisan keduanya akan menjadi sajian awal Jisiera edisi 2019. Isu kawasan dan Tiongkok menjadi perhatian sebagian besar penulis Jisiera kali ini. Hal ini tentu bukan hanya suatu kebetulan, namun lebih kepada cerminan konstelasi politik global saat ini yang banyak dipengaruhi oleh meningkatnya kekuatan Tiongkok secara drastis. Pembaca, 50 persen tulisan artikel kali ini berbahasa Inggris. Meski dengan gaya tutur sederhana yang masih jauh dari standar jurnal internasional, namun terlihat ada upaya dari para penulisnya untuk bisa menyuguhkan pemikiran mereka kepada khalayak yang lebih luas. Semoga kedepan Jisiera bisa berbenah sehingga layak dinikmati oleh publik internasional. Amin.

  • Jisiera Volume 3, Agustus, 2018
    Vol. 3 No. 1 (2018)

    Isu-isu kemanusiaan senantiasa menarik untuk diikuti, terutama oleh para penikmat serta pelaku hubungan internasional.  Apa pasal? kajian hubungan internasional memang diawali dari kesadaran kolektif untuk mewujudkan dunia damai yang manusiawi bagi penghuninya. Jisiera edisi 2018 sengaja menyajikan isu-isu kemanusiaan dengan proporsi yang cukup besar, dari persoalan pengungsi hingga perilaku hedonis masyarakat era digital saat ini. Artikel bertema regionalisme dan diplomasi turut tersaji sebagai topik tradisional dalam hubungan internasional, disamping bahasan tentang perspektif Islam sebagai hidangan khas dalam jurnal kami. Redaktur mengucapkan terima kasih kepada program Magister Ilmu Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang telah menggelar acara International Students Conferences on Humanity Issues (ISCOHI) dimana beberapa artikel terpilih diterbitkan dalam volume kali ini. Semoga kerjasama tersebut semakin meningkatkan kualitas isi dan kemenarikan sajian Jisiera.

  • Jisiera Volume 2, Agustus, 2017

    Jisiera Volume 2, Agustus, 2017
    Vol. 2 (2017)

    Beberapa peristiwa politik internasional tak terduga hadir di tahun 2017. Kemenangan kubu anti-Uni Eropa pada referendum Britania Raya dan terpilihnya Donald Trump di Amerika Serikat mengindikasikan meluasnya gelombang populisme dunia. Seolah tak mau ketinggalan, tragedi Rohingya muncul di Asia Tenggara sebagai manifestasi populisme yang mengeksploitasi homogenitas sembari menolak identitas Muslim sebagai kelompok minoritas di Myanmar. Jisiera edisi 2017 tak luput membahas hal tersebut, selain isu lain mengenai politik luar negeri Indonesia dan Arab Saudi serta bahasan "khas" perspektif Islam dalam hubungan internasional yang senantiasa tak usang untuk dikaji. Kami hadir dengan sajian analitik-akademik yang selalu menarik untuk dibaca kembali kapanpun, insyaallah.

  • Jisiera Vol. 1 No. 2 (2017) Edisi Spesial

    ISIS dan Skenario Perang Dunia Ketiga (Edisi Spesial)
    Vol. 1 No. 2 (2016)

    Di penghujung tahun 2016, Jisiera menerbitkan edisi spesial dengan mengangkat topik hangat seputar Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS). Kehadiran ISIS sejak dideklarasikan pada tahun 2014 telah membuat konstelasi politik kawasan Timur Tengah dan dunia berubah. Tak dapat dipungkiri, sepak terjang ISIS mengundang simpati dari kelompok ekstrimis di berbagai belahan dunia. Berbagai kekuatan politik yang didominasi negara-negara superpower telah menyatakan perang melawan ISIS. Situasi semakin keruh dengan keterlibatan mereka serta berbagai kelompok paramiliter yang eksodus dari seluruh penjuru dunia menuju daerah konflik di Irak dan Suriah sehingga tak menampik kemungkinan terpantiknya Perang Dunia dari kawasan ini.

  • Jisiera Vol. 1 No. 1 (2016)

    Jisiera Volume 1, Nomor 1, Agustus, 2016
    Vol. 1 No. 1 (2016)

    Alhamdulillahi robbil 'alamin, Jisiera edisi perdana bisa hadir ke tengah ruang pembaca. Seluruh proses penerbitan dilakukan dengan standar Open Journal System. Dari seleksi naskah, telaah naskah oleh reviewer atau ediorial board dengan sistem blind peer, hingga layouting, semuanya dapat berjalan dengan baik. Kami berkomitmen untuk menjadikan Jisiera sebagai suguhan akademik yang layak baca dan profesional. Semoga Allah Subhanahu Wata'ala menjadikan segala upaya dari seluruh pihak yang bekerja demi terbitnya jurnal ini sebagai amal shalih mereka. Amin Ya Mujibas Sailin.